Proses Pengolahan Sagu

Secara Singkat Proses Pengolaan Sagu membutuhkan Waktu Sekitar 2 Minggu namun disisi lain jika diurut dari proses pengolahan mulai dari awal. Memproduksi sagu dapat memakan waktu 5 hingga 10 Tahun. Proses menanam sagu sama caranya dengan menanam pisang. Anda Juga Dapat Membaca Sejarah Singkat Sagu.

Melakukan Pengolahan Sagu tidak semudah yang dibayangkan dalam proses mengestrak pati dari Pohon sagu membutuhkan waktu yang cukup lama sehinnga dapat menguras banyak tenaga. Proses ini sering dilakukan secara manual.  Hal yang pertama dilakukan pada saat berada di lokasi adalah membuat bascamp yang berguna sebagai tempat pengolahan, kemudian membuat bak penampungan pati sagu kira-kira ukurannya 3x4 m yang terbuat dari terpal yang didesain mejadi seperti kolam tempat penampungan air sagu yang berfungsi sebagai tempat pengendapan air sagu.

Lokasi Pembuatan Tempat Mengestrak Pohon Sagu yang akan diolah harus dekat dengan sumber Air/Sungai. Langkah selanjutnya melakukan penebangan pohon sagu yang dinilai sudah layak untuk dipanen atau produktif. Setelah itu lakukan pengupasan mengunakan parang atau linggis. Kulit pohon sagu yang dikupas kira-kira setebal 2 Cm agar bagian dalam batang yang lunak akan dapat diambil. Proses ini membutuhkan waktu kira-kira 2 jam. Kemudian isi batang sagu yang telah dikupas di parut mengunakan mesin pemarut.
Proses Pengolahan Sagu
Proses Pengolahan Sagu
Hasil Dari Parutan Tadi kemudian dibawa ke tempat pengolahan untuk di eksrak  yang serbuknya dimasukan kedalam sebuah saringan kemudian disiram dengan air dan diinjak-injak agar sarinya keluar. Air tersebut kemudian ditampung dibak dan ampasnya dibuang setelah seluruh sarinya dianggap telah habis

Setelah Itu Air yang berada dibak disimpan selama 1 Hari. Air yang ada dibak tersebut dibuang maka tinggallah endapan dari pati sagu berwarna putih. Itulah yang dinamakan sagu.

Nah setelah Sagu basah tersebut telah ada sekarang waktunya mengolah sagu menjadi Sinonggi, Papeda, atau Kapurung. Untuk prosesnya terlebih dahulu endapkan dengan air secukupnya agar sagu tersebut terlepas dari kotorannya. Kemudian disiram dengan air mendidih dan secara bersamaan diaduk. Maka hasil olah sagu tersebut siap untuk disajikan dengan sayur-sayuran, Ikan, Ayam Dll

Anda Juga Dapat Membaca Jenis Makanan Berbahan Dasar Sagu.

0 Response to "Proses Pengolahan Sagu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel