Jenis Makanan Berbahan Dasar Sagu

Jenis Makanan Berbahan Dasar Sagu. Produk olahan sagu cukup beragam, dari hasil studi literature, produk-produk olahan sagu yang banyak beredar dimasyarakat adalah :
  1. Soun merupakan produk starch noodle, artinya produk sejenis mi yang dibuat dari pati, sumber bahan baku pembuatan soun dapat berasal dari pati singkong, pati sagu, pati ubi jalar, dan pati kacang hijau. 
  2. Bihun. Bihun pada dasarnya dibuat dari pati kasar beras. Pati kasar dibuat dari beras yang digiling basah. Pati sagu dapat digunakan sebagai campuran pembuatan bihun, dan dapat digunakan sampai 30% dari beras. 
  3. Mi gleser (mi basah sagu) Mi gleser merupakan produk semacam soun, tetapi berukuran besar dan biasanya dijual dalam kondisi basah. Proses pembuatan mi gleser pada prinsipnya sama dengan pembuatan soun, tetapi lubang cetakan (die) lebih besar. Selain itu mi gleser tidak mengalami proses pengeringan. Produk ini banyak beredar di jawa barat sebagai makanan pendamping bakso, serta dibuat semacam mi goring yang dikonsumsi dengan sambal kacang. Nama lain dari mi gleser adalah mi sagu. Mi gleser berwarna bening, berukuran besar dan sangat popular di jawa barat terutama ketika bulan ramadhan. Dikonsumsi sebagai makanan pembuka saum
  4. Papeda Papeda merupakan makanan sejenis biscuit yang popular di daerah Maluku dan papua, dibuat dari pati sagu. Papeda sangat keras, sehingga biasanya dikonsumsi dengan cara dicelupkan ke dalam the atau kopi, di Maluku dan papua papeda dikonsumsi sebagai makanan sarapan, pembuatan papeda secara sederhana adalah sebagai berikut
  5. Biscuit. Sagu bisa digunakan sebagai campuran dalam pembuatan biscuit, biscuit secara umum terbuat dari tepung terigu. Penambahan sagu dapat dilakukan sampai taraf 30% biscuit yang ditambah dengan pati sagu memiliki karakteristik tekstur yang lebih renyah
  6. Beras analog. Beras analog adalah produk yang memiliki bentuk dan karakteristik mirip dengan beras, tetapi dibuat dari bahan non beras. Penelitian beras analog yang dilakukan oleh peneliti di institute pertanian bogor menyebutkan bahwa beras analog dibuat dari campuran sagu, tepung singkong MOCAF dan tepung jagung. 
  7. Sagu mutiara Sagu mutiara merupakan hasil olahan pati sagu yang berbentuk butiran (bulat-bulat). Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan sagu mutiara adalah pati sagu, baik pati sagu basah maupun pati sagu kering. Apabila digunakan pati sagu kering maka diperlukan pebasahan terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pembutiran (granulasi). 
  8. Ongol-Ongol Sagu dengan gula aren. cara membuat kue ini sangat cepat dan bisa teratasi dengan waktu singkat, sebenarnya bahan lain bisa gunakan seperti ubi jalar, hunkwe dan bahan singkong, tapi disini akan dibahas dengan menggunakan bahan tepung sagu, sedangkan cara bikin sama saja. ok deh silahkan cek ya resep masakan ini.
  9. Kue sagu juga menjadi pilihan favorit dari aneka sajian kue kering lebaran. Ciri khas kue dengan tekstur yang renyah ini dapat dikreasikan dengan beragam rasa, seperti kue kering sagu coklat, kelapa, susu atau rasa keju.

0 Response to "Jenis Makanan Berbahan Dasar Sagu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel