Wujud Dan Teori Kebudayaan

Wujud Dan Teori Kebudayaan. Kebudayaan atau yang dapat disebut juga Peradaban‟ mengandung pengertian yang sangat luas dan mengandung pemahaman perasaan suatu bangsa yang sangat kompleks meliputi pengetahuan,kepercayaan, seni,moral, hukum, adat - istiadat, kebiasaan dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat. (Taylor , 1897).

Apabila ditinjau dari asal katanya, maka Kebudayaan‟ berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Budhayah‟, yang  merupakan  bentuk  jamak  dari „Budhi‟  yang  berarti  Budi  atau  Akal.  Dalam  hal ini,‟Kebudayaan‟ dapat diartikan sebagai Hal-hal  yang bersangkutan dengan budi atau akal.

Mempelajari  kebudayaan  bukanlah suatu  kegiatan  yang  mudah  dan  sederhana,  karena banyak sekali  batasan  konsep  dari  berbagai  bahasa, sejarah,  sumber  bacaan atau   literatur   baik   yang berwujud ataupun yang abstrak dari sekelompok orang atau masyarakat.  Dalam  hal  pendekatan metode  juga telah  banyak  disiplin  ilmu  lain  yang  juga  mengkaji berbagai   macam  permasalahan terkait   kebudayaan seperti, Sosiologi, Psikoanalisis, Psikologi  (Perilaku) dan  sebagainya yang masing-masing  mempunyai tingkat kejelasan sendiri-sendiri tergantung pada konsep dan penekanan masing-masing.

Wujud Dan Teori Kebudayaan

Selanjutnya Koentjaraningrat (1980) mendefinisikan Kebudayaan sebagai “Keseluruhan dari hasil budi dan karya ”. Dengan kata lain “Kebudayaan adalah keseluruhan dari apa yang pernah dihasilkan oleh manusia karena pemikiran dan karyanya”. Jadi Kebudayaan merupakan produk dari Budaya Dalam disiplin Ilmu Antropologi Budaya, pengertian Kebudayaan dan Budaya tidak dibedakan. Adapun pengertian Kebudayaan dalam kaitannya dengan Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) adalah: “Penciptaan, penertiban dan pengolahan nilai-nilai insani yang tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri di dalam alam lingkungan,baik fisik maupun sosial”. Manusia memanusiakan dirinya dan memanusiakan lingkungannya.

Herkovits yang dikenal dengan bukunya yang berjudul “MAN AND HIS WORK” telah memberikan Dalil tentang Teori Kebudayaan, yaitu:
  1. Kebudayaan dapat dipelajari.
  2. Kebudayaan berasal atau bersumber dari segi biologis, lingkungan, psikologis, dan komponen sejarah eksistensi manusia.
  3. Kebudayaan mempunyai struktur.
  4. Kebudayaan dapat dipecah-pecah ke dalam berbagai aspek.
  5. Kebudayaan bersifat dinamis.
  6. Kebudayaan mempunyai variabel.
  7. Kebudayaan memperlihatkan keteraturan yang dapat danalisis dengan metode ilmiah.
  8. Kebudayaan merupakan alat bagi seseorang untuk mengatur keadaan totalnya dan menambah arti bagi kesan kreatifnya.
Menurut Dimensi Wujudnya, maka Kebudayaan mempunyai 3 wujud, yaitu:
A. Wujud Sistem Budaya
  1. Sifatnya Abstrak, Tidak bisa dilihat.
  2. Berupa kompleks gagasan,bide-ide, konsep, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya yang berfungsi untuk mengatur, mengendalikan dan memberi arah kepada perilaku manusia serta perbuatannya dalam masyarakat.
  3. Disebut sebagai Sistem Budaya karena gagasan, pikiran, konsep, norma dan sebagainya tersebut tidak merupakan bagian-bagian yang terpisahkan, melainkan saling berkaitan berdasarkan asas-asas yang erat hubungannya sehingga menjadi sistem gagasan  dan  pikiran  yg  relatif  mantap  dan kontinyu.
B. Wujud Sistem Sosial
  1. Bersifat Konkret, dapat diamati atau diobservasi.
  2. Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi  dan  selalu  mengikuti pola-pola tertentu berdasarkan adat tata kelakuan yang ada dalam masyarakat. 
  3. Gotong royong, kerja sama, musyawarah, dsb.
C. Wujud Kebudayaan Fisik
  1. Aktivitas  manusia  yang  saling  berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya. Hasil karya manusia
  2. tersebut pada akhirnya menghasilkan sebuah benda dalam bentuk yang konkret sehingga disebut Kebudayaan Fisik.
  3. Berupa benda-benda hasil karya manusia, seperti candi-candi, prasasti, tulisan-tulisan (naskah), dsb.
Sumber Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya#Pengertian_kebudayaan
Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD)

0 Response to "Wujud Dan Teori Kebudayaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel