Cerita Mitos Tentang Gerhana

Cerita Mitos Tentang Gerhana.  Fenomena gerhana matahari dan bulan banyak mengandung cerita. Sampai hari ini bangsa – bangsa tertentu masih ada yang mengadakan upacara yang khidmat dan doa permohonan dengan nada yang tinggi. sebagai cerminan rasa ketakutan psikologis akibat kepercayaan terhadap pengaruh mithos gerhana, penelitian ilmiah modern pun dilakukan oleh manusia .

Cerita Mitos Tentang Gerhana

Cerita Mitos Tentang Gerhana
Di Asia Tengah, gerhana yang terjadi tanggal 28 Mei 588 M mengakhiri perang dua negara timur tengah. Selama pertempuran, hari-hari menjadi gelap seperti malam. Gerhana menyebabkan kedua negara tersebut menyatakan perdamaian serta menghentikan pertempuran.

Di Jepang, masyarakat setempat mempercayai bahwa racun telah jatuh dari langit selama terjadi gerhana. Untuk mencegah racun itu jatuh ke dalam air mereka, mereka menutupi seluruh sumur dan mata air selama terjadinya gerhana.

Di India, masyarakatnya mempercayai bahwa naga lah bertanggungjawab atas terjadinya gerhana. Selama gerhana, masyarakat disana membenamkan diri mereka ke dalam air sampai leher mereka, dengan cara ibadah mereka tersebut, mereka mengharapkan matahari dan bulan dapat mempertahankan dirinya dari naga.

Di negara Cina sekitar 20 abad yang lalu masyarakatnya mempercayai bahwa gerhana terjadi karena adanya seekor naga yang terlihat oleh mata memakan matahari. Kemudian mereka membuat suatu keributan yang besar dengan drum dan mengarahkan serta menembakkan panah-panak ke langit. Dengan itu sang naga akan ketakutan dan sinar matahari akan terlihat kembali. dua orang ahli perbintangan Cina yang bernama His dan Ho. Mereka tidak dapat memperkirakan datangnya gerhana. Kaisar yang berkuasa saat itu marah karena ia tidak mempersiapkan apa-apa untuk mengusir sang naga. Meskipun akhirnya hari kembali terang, kaisar tetap memerintahkan agar kedua astronom itu dibunuh karena dianggap gagal.

0 Response to "Cerita Mitos Tentang Gerhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel