Penting Bagi Wanita Inilah Ciri-Ciri Istri Sholeha

Penting Bagi Wanita Inilah Ciri-Ciri Istri Sholeha. Menjadi wanita Yang Sholeha tentunya menjadi kebanggan bagi setiap kaum hawa dan menjadi idaman bagi kaum adam. Semakin banyak ciri-ciri tersebut tersebut dalam diri seorang wanita maka nilai kesholehannya semakin tinggi berikut adalah ciri-ciri Wanita Sholeha Yang Patut Kaum Hawa Mengetahuinya Yang Antara Lain Adalah :

Penting Bagi Wanita Inilah Ciri-Ciri Istri Sholeha

Ciri-Ciri Istri Sholeha

  1. Senantiasa berusaha memilih perkataan yang terbaik ketika berbicara dengan suami.
  2. Tidak membantah perintah suami selagi tidak bertentangan dengan syariat. Allah berfirman yang artinya : Maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). (QS An-Nisaa : 34)
  3. Jika suami melakukan kesalahan maka tidak melupakan kebaikan-kebaikan suami selama ini. Bahkan sekali-kali tidak mengeluarkan perkataan yang mengisyaratkan akan hal ini. Karena sebab terbesar yang menyebabkan para wanita dipanggang di api neraka adalah tatkala suami berbuat kesalahan mereka melupakan dan mengingkari kebaikan-kebaikan suami mereka.
  4. Tidak memerintahkan suami untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan wanita, seperti memasak, mencuci, memandikan dan mencebok anak-anak.
  5. Keluar rumah hanya dengan izin suami
  6. Tidak membenarkan orang yang tidak diizinkan suami masuk/bertamu ke dalam rumah.
  7. Menjaga waktu makan dan waktu istirahatnya kerana perut yang lapar akan membuatkan darah cepat naik. Tidur yang tidak cukup akan menimbulkan keletihan.
  8. Menghormati mertua serta kerabat keluarga suami. Terutama ibu mertua, sang suami sangat ditekankan oleh Allah untuk berbakti kepadanya. Seorang istri yang baik harus mengalah kepada ibu mertuanya, dan berusaha mengambil hati ibu mertuanya. Bukan malah menjadikan ibu mertuanya sebagai musuh, meskipun ibu mertuanya sering melakukan kesalahan kepadanya atau menyakiti hatinya. Paling tidak ibu mertua adalah orang yang sudah berusia lanjut dan juga ia adalah ibu suaminya.
  9. Berusaha menenangkan hati suami jika suami galau, bukan malah banyak menuntut kepada suami sehingga menambah beban suami.
  10. Segera minta maaf jika melakukan kesalahan kepada suami, dan tidak menunda-nundanya.
  11. Mencium tangan suami tatkala suami hendak bekerja atau sepulang dari pekerjaan.
  12. Segera menyahut dan hadir apabila dipanggil oleh suami jika diajak untuk berhubungan. Karena sifat ini sangat ditekankan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Nabi memerintahkan seorang istri untuk segera memenuhi hasrat seorang suami dalam kondisi bagaimanapun. Bahkan beliau bersabda “Jika seorang lelaki mengajak istrinya ke tempat tidur, lalu istri itu menolak. Kemudian, suami itu bermalam dalam keadaan marah, maka istrinya itu dilaknat oleh para malaikat hingga waktu pagi.”
  13. Mau diajak oleh suami untuk sholat malam, bahkan bila perlu mengajak suami untuk sholat malam.
  14. Tidak menyebarkan rahasia keluarga terlebih lagi rahasia ranjang !!. Bahkan berusaha menutup aib-aib suami, serta memuji suami agar menambahkan rasa sayang dan cintanya.
  15. Tidak membentak atau mengeraskan suara di hadapan suami.
  16. Berusaha untuk bersifat qona'ah (nerimo) sehingga tidak banyak menuntut harta kepada suami.
  17. Tidak menunjukkan kesedihan tatkala suami sedang bergembira, dan sebaliknya tidak bergembira tatkala suami sedang bersedih, akan tetapi berusaha pandai mengikut suasana hatinya.
  18. Berusaha untuk memperhatikan kesukaan suami dan jangan sampai suami melihat sesuatu yang buruk dari dirinya atau mencium sesuatu yang tidak enak dari tubuhnya.
  19. Tidak menceritakan kecantikan dan sifat-sifat wanita yang lain kepada suaminya yang mengakibatkan suaminya bisa mengkhayalkan wanita tersebut, bahkan membanding-bandingkannya dengan wanita lain tersebut.
  20. Berusaha menasehati suami dengan baik tatkala suami terjerumus dalam kemaksiatan, bukan malah ikut-ikutan suami bermaksiat kepada Allah, terutama di masa sekarang ini yang terlalu banyak kegemerlapan dunia yang melanggar syari'at Allah
  21. Berusaha mengatur uang suami dengan sebaik-baiknya dan tidak boros, sehingga tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan.
  22. Menjaga pandangannya sehingga berusaha tidak melihat kecuali ketampanan suaminya, sehingga jadilah suaminya yang tertampan di hatinya dan kecintaannya tertumpu pada suaminya. Tidak sebagaimana sebagian wanita yang suka membanding-bandingkan suaminya dengan para lelaki lain.
  23. Lebih suka menetap di rumah, dan tidak suka sering keluar rumah.
  24. Berhias hanya untuk suami.

Semoga Penjelasan Tentang Penting Bagi Wanita Inilah Ciri-Ciri Istri Sholeha Dapat Bermanfaat Bagi Kaum Hawa... Khususnya Bagi Yang Sudah Berumah Tangga Dan Mudah-mudahan Menjadi keluarga yang Bahagia.

Dikutip Dari berbagai Sumber.

0 Response to "Penting Bagi Wanita Inilah Ciri-Ciri Istri Sholeha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel