Ciri-Ciri Anak Cerdas Dilihat Sejak Berusia 2-4 Tahun

Ciri-Ciri Anak Cerdas Dilihat Sejak Berusia 2-4 Tahun. Anak yang cerdas adalah anak yang memiliki kemampuan melebihi anak seusianya. Untuk memastikan, menurut www.idai.co.id, Anda dapat mengajak anak melakukan tes IQ, yang bisa dilakukan di usia 3 tahun.

Anak yang memiliki IQ 130 atau lebih dikategorikan sebagai anak genius. Sementara tingkat kecerdasan rata-rata adalah 85-115. Meskipun begitu, betapa pun tingginya kecerdasan seorang anak, ia tetap perlu diasah dan belajar untuk mengoptimalkannya.

Ciri-Ciri Anak Cerdas Dilihat Sejak Berusia 2-4 Tahun. Anak yang cerdas adalah anak yang memiliki kemampuan melebihi anak seusianya.


Sebagai permulaan, Anda bisa mengetahui potensi cerdas tidaknya seorang anak saat ia berusia 2 – 4 tahun.

Menurut laman, www.nagc.org, yang dimemilik National Association for Gifted, organisasi yang mengusung misi mengoptimalkan kemampuan anak-anak genius, tanda-tanda yang umum dimiliki oleh anak genius antara lain adalah:

  1. Belajar dengan cepat. contohnya anak dapat menyusun puzzle dengan cepat dan tepat melebihi kemampuan yang dilakukan oleh anak seusianya.
  2. Memiliki daya ingat yang kuat. anak dapat mengingat persis kalimat yang didengar saat Anda membacakan buku.
  3. Menguasai kosakata dan membuat kalimat lengkap melebihi anak seusianya.
  4. Menikmati aktivitas memecahkan masalah khususnya saat bermain angka.
  5. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan sering mengajukan pertanyaan yang ‘tak terduga”. 
  6. Memiliki selera humor yang tinggi saat merespon sesuatu atau celetukan-celetukannya yang membuat orang sekelilingnya tertawa.
  7. Memiliki daya imajinasi yang kuat. Di masa prasekolah misalnya ia mengaku punya teman imajiner yang ia beri nama dan sering ia ajak bicara.
  8. Memiliki rentang waktu konsentrasi yang lebih lama dibanding anak seusianya. 
Sumber; ayahbunda.co.id

0 Response to "Ciri-Ciri Anak Cerdas Dilihat Sejak Berusia 2-4 Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel