Metode Ceramah Dalam Pembelajaran

Metode Ceramah Dalam Pembelajaran. Dalam Proses Pemebelajaran Metode ceramah sangat dipengaruhi oleh personalitas guru yaitu suara, gaya bahasa, sikap, prosedur, kelancaran, kemudahan bahasa, keteraturan guru dalam memberikan penejelasan yang idak dapat dimiliki secara mudah oleh setiap guru. 
Metode Ceramah Dalam Pembelajaran

Pengertian Metode ceramah adalah merupakan sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. (Muhibbin Syah, 1995: 92).

Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.

Menurut M Basyiruddin Usman .Metode ceramah adalah teknik penyampaian pesan pengajaran yang sudah lazim disampaikan oleh para guru di sekolah. Ceramah diartikan sebagai suatu cara penyampaian bahan secara lisan oleh guru bilamana diperlukan.

Muhibbin Syah (2000), metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia yang dimaksud metode ceramah adalah cara belajar mengajar yang menekankan pada pemberitaan satu arah dari pengajar kepada pelajar (pengajar aktif, pelajar pasif). 

Strategi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran
Strategi yang digunakan Dalam Metode ceramah adalah :
1. Tahap Persiapan 
Dalam tahap ini yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 
  • Merumuskan tujuan. 
  • Menentukan pokok-pokok materi. 
  • Mempersiapkan alat bantu. 
2. Tahap Pelaksanaan 
Dalam tahap ini yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 
  1. Langkah pembukaan dalam metode ceramah merupakan langkah yang menentukan. Keberhasilan pelaksanaan ceramah sangat ditentukan oleh langkah ini. 
  2. Langkah Penyajian. Tahap penyajian adalah tahap penyampaian materi pembelajaran de-ngan cara bertutur. Agar ceramah berkualitas sebagai metode pembe-lajaran, maka guru harus menjaga perhatian siswa agar tetap terarah pada materi pembelajaran yang sedang disampaikan. 
  3. Langkah Mengakhiri atau Menutup Ceramah.  Ceramah harus ditutup dengan ringkasan pokok-pokok matar agar materi pelajaran yang sudah dipahami dan dikuasai siswa tidak terbang kembali. Ciptakanlah kegiatan-kegiatan yang memungkinkan siswa tetap mengingat materi pembelajaran. 
Dari Penjelasan diatas maka kesimpulan tentang metode ceramah adalah cara menyampaikan sebuah materi pelajaran atau informasi dengan penuturan lisan kepada siswa. Sesuai dengan Strategi Metode Ceramah yang benar agar nantinya siswa dapat dengan mudah menangkap materi yang diberikan.

0 Response to "Metode Ceramah Dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel