Penyebab Serta Tanda akan terjadinya Tsunami

Penyebab Serta Tanda akan terjadinya Tsunami. Mohon Diperhatikan..! Disampaikan kepada kerabat dan keluarga anda, semoga bermanfaat untuk ke depan. Mengingat Indonesia sangat sering dilanda Gempa besar dan Tsunami.

Penyebab Serta Tanda akan terjadinya Tsunami


Penyebab Tsunami

  1. Tsunami umumnya dibangkitkan oleh Gempa bumi berkekuatan minimal 6,8 Magnitudo atau lebih. Tetapi bukan hanya Gempa. Tsunami juga bisa dibangkitkan oleh Longsoran bawah laut, Letusan gunung berapi bawah laut atau pulau, Hantaman meteor.
  2. ‎Mekanisme patahan nya adalah sesar naik/turun.
  3. ‎Gempa bumi nya tidak melebihi kedalaman 70-80 km.
  4. ‎Terjadi dislokasi masa tanah/bebatuan didasar laut yang cukup besar akibat patahan Lempeng.

Tanda-tanda akan terjadi Tsunami setelah Gempa Besar

  1. Umumnya Tsunami di Indonesia terjadi diawali surutnya air laut secara mendadak hingga ratusan meter, tetapi air laut tidak surut bukan berarti Tsunami tidak terjadi ya.
  2. ‎Ada bunyi dentuman seperti suara bom yang sangat keras dari arah dasar laut setelah gempa. Itu terjadi karena pelepasan energi Lempengan secara tiba-tiba.
  3. ‎Terjadi riakan air laut yang terus menerus seakan akan ingin Terjadi badai. Itu disebabkan oleh dorongan energi dari Arah dasar laut yang mendahului gelombang Pertama.
  4. ‎Hewan laut seperti burung laut terbang menjauhi Pantai menuju daratan
  5. Air sumur anda tiba tiba meluap setelah gempa besar mengguncang.
  6. ‎Tercium aroma pesing khas air laut hingga berkilo kilo ke daratan.
  7. ‎Terjadi nya penumpukan awan diatas laut akibat tersedot oleh energi yang dihasilkan oleh Gempa dahsyat bawah laut yang melontarkan gelombang Elektromagnetik.
  8. Setelah gempa umum nya listrik akan padam. Tetapi jika ada kedip-kedip dari Lampu rumah seakan akan ingin menyala padahal jaringan listrik terputus. Itu adalah pengaruh gelombang elektromagnetik yang berasal dari patahan Bawah laut tadi.

Jika melihat atau merasakan tanda-tanda diatas langkah Mitigasi yang benar adalah

  1. Segera evakuasi diri anda bersama keluarga ditempat yang tinggi ajak kerabat dan orang orang disekitar anda.
  2. ‎Tsunami Terkadang hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mencapai daratan. Jadi tidak usah tunggu peringatan resmi, tetapi mengambil langkah evakuasi awal adalah lebih baik karena peringatan resmi butuh waktu untuk mencapai lokasi anda dikarenakan faktor jaringan, listrik atau yang lain yang rusak akibat gempa.
  3. Untuk menghindari terjangan tsunami adalah mencari dataran yang lebih tinggi atau bangunan kokoh dan naik setinggi mungkin. Bukan melarikan diri dari air. Melarikan diri dari air tidak dapat membantu karena kecepatan air dijalan raya bisa mencapai 40-80km/jam
  4. Tetap tenang dan jangan panik.

0 Response to "Penyebab Serta Tanda akan terjadinya Tsunami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel