Ciri Dan Faktor Dalam Memilih Komunikasi

Ciri Dan Faktor Dalam Memilih Komunikasi. Komunkasi dalam pengertian umum adalah penyampaian warta yang mengandung berbagai macam keterangan dari seseorang kepada orang lain. 

Ciri Dan Faktor Dalam Memilih Komunikasi

Berikut adalah ciri-ciri komunkasi agar dapat menjadi lebih efektif yang antara lain adalah:
  1. Langsung (to the point),. Komunikasi dilakukan tanpa ragu-ragu.
  2. Asertif . komunikasi dilakukan tanpa rasa takut
  3. Congenial komunikasi dilakuakn dengan lebih bersahabat dan ramah
  4. Jelas. Komunikasi dilakukan dengan jelas dan mudah untuk dimengerti
  5. Terbuka. Komunikasi dilakukan secara terbuka tanpa ada yang disembunyikan
  6. Secara lisan/tulisan saat melakukan komunikasi harus menggunakan kata-kata yang jelas
  7. Dua arah (oral communication) dalam berkomunikasi harus seimbang antara apa yang dikatakan dan di dengarkan.
  8. Responsif  komunikasi harus dapat memperhatikan keperluan dan pandangan orang lain

Selain ciri-ciri diatas adapaun Faktor Utama Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Komunikasi  antara lain adalah :
  1. Kecepatan.  apakah mendesak, perlu dikirim secepatnya menggunakan sarana komunikasi apa (surat biasa, surat kilat, telegram, fax, email dsb)
  2. Kecermatan informasi/data yang akan disampaikan harus akurat diterima oleh penerima
  3. Keselamatan dengan sarana apa yang akan digunakan pengiriman berita agar dapat sampai ditujuan dengan keselamatan dan menjaga resiko hilang
  4. Kerahasiahan untuk menjaga kerahasiahan, tentukan apakah berita harus dikirim menggunakan sarana komunikasi yang sesuai dengan sifat beritanya.
  5. Warkat apakah perlu dengan surat atau cukup dengan lisan saja
  6. Kesan untuk mendapat kesan yang baik apakah berita cukup ditulis dengan stensil atau perlu dicetak
  7. Biaya unsur biaya harus diperimbangkan dalam pemilihan sesuatu saran komunikas.

Dikutip dari berbagai sumber

0 Response to "Ciri Dan Faktor Dalam Memilih Komunikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel