Model Implementasi Asesmen Otentik Berbasis Kelas
Model Implementasi Asesmen Otentik Berbasis Kelas. Berikut ini adalah modifikasi dari model asesmen portofolio oleh Moya dan O’Malley (1994). Model tersebut (Portfolio Assessment Model) disesuaikan dengan tiga komponen pembelajaran, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, dan Analisis dan Pelaporan.
Perencanaan
- Menentukan tujuan dan fokus (standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, domain (kognitif, afektif, psikomotor) yang diases)
- Merencanakan isi asesmen otentik yang meliputi: pemilihan prosedur asesmen, menentukan isi/topik, dan menetapkan frekuensi dan waktu dilakukannya asesmen.
- Mendesain cara menganalisis data, yaitu dengan menetapkan: standar atau kriteria penilaian, menetapkan cara memadukan hasil penilaian dari berbagai sumber (misalnya dari kinerja, portofolio, evaluasi diri, tes. Dan lain-lain), dan menetapkan waktu analisis.
- Merencanakan langkah-langkah kegiatan asesmen (terpadu dalam pembelajaran, ada kegiatan pemberian umpan balik, penilaian proses, penilaian produk)
- Menentukan prosedur pengujian keakuratan informasi, yaitu menetapkan cara mengetahui validitas informasi dan reliabilitas penilaian.
- Mengumumkan tujuan dan fokus pembelajaran kepada siswa.
- Menyepakati prosedur asesmen yang digunakan serta kriteria penilaiannya.
- Mendiskusikan cara-cara yang perlu dilakukan untuk mencapai hasil maksimal.
- Melaksanakan kegiatan asesmen sesuai dengan perencanaan dan kesepakatan bersama (pengumpulan data)
- Memberikan umpan balik
- Menganalisis data yang telah dikumpulkan
- Memadukan hasil analisis dari berbagai data yang didapat
- Menerapkan kriteria penilaian akhir
- Melaporkan hasil asesmen
0 Response to "Model Implementasi Asesmen Otentik Berbasis Kelas"
Post a Comment